Blogger Widgets

Kamen Rider Showa Era



Apa itu Kamen Rider?

Kamen Rider adalah cerita mengenai super hero produksi TOEI (perusahaan film yang bergerak dibidang super hero) yang berasal dari Jepang. Kamen berarti topeng, dan rider berarti pengendara. Jadi secara umum kamen rider adalah pengendara bertopeng. Secara khususnya, kamen rider adalah seseorang yang memiliki kekuatan untuk merubah dirinya menjadi super hero yang bertopeng dan berarmor yang juga memiliki kekuatan luar biasa. Kendaraan umum kamen rider adalah motor, tapi ada juga beberapa yang selain motor.

Kamen Rider memiliki beragam bentuk dan jenis. Ada manusia, Cyborg (manusia setengah robot), 100% robot, manusia setengah monster, bahkan ada yang 100% monster. Kamen rider ada yang protagonis & antagonis. Seri-seri kamen rider ada banyak, ada yang berhubungan dan ada yang tidak. Seri kamen rider dibuat pertama kali pada tahun 1971, hingga saat ini seri kamen rider terus bermunculan.

Apa itu Henshin!?

Henshin adalah kata-kata yang selalu diucapkan Kamen Rider sebelum ia berubah. Pada saat akan berubah menjadi kamen Rider ia berteriak “Henshin…!!" (transform : berubah) sembari ia melakukan gerakan tertentu, iapun berubah menjadi sesosok Kamen Rider.

Apa itu The Evil Organizations?

Setiap debut Kamen Rider, banyak diantara mereka yang bertempur melawan organisasi-organisasi jahat yang mengancam kehidupan umat manusia. Organisasi-organisasi tersebut antara lain adalah Shocker, Geldam, Gel-Shocker, Destron, The Government Of Darkness, Geddon, Garanda Empires, Black Satan, Delza Army, Neo-Shocker, Dogma Kingdom, Badan, Golgom, Crisis Empire, Fog Master, dan Neo Organism.

Nah, buat sobat blogger yang sama sekali belum mengenal apa itu yang namanya Kamen Rider tentunya sekarang sudah sedikit lebih paham donk. Yosh, waktunya mengenal siapa aja Kamen Rider yang ada di era Showa. Buat yang belum tau perbedaan Showa sama Heisei bisa dibaca-baca lagi disini.


[[ --------------------- Kamen Rider Ichigo & Nigo --------------------- ]]

Kamen Rider Ichigo adalah kamen rider pertama kali yang dirilis oleh TOEI pada tahun 1971. Berceritakan tentang seorang ilmuan bernama Takeshi Honggo yang diculik oleh organisasi kejahatan bernama Shocker untuk dijadikan Cyborg, yang akan digunakan mereka sebagai senjata dalam misi mereka menguasai Jepang. Tetapi sebelum ia dicuci otaknya, ia diselamatkan oleh gurunya. Selanjutnya dengan kekuatan Takeshi yang baru, ia dapat berubah (Henshin) menjadi Kamen Rider Ichigo dan ia berjuang untuk melawan Shocker & Gel-Shocker. Kendaraan kamen rider ichigo adalah motor yang disebut Cyclone. Pada tahun 2005, TOEI me-remake ulang film Kamen Rider Ichigo dalam bentuk movie dengan judul Kamen Rider The First. Disini kamen rider ichigo mendapat pembaharuan dalam kostum dan motornya, ceritanya pun dibumbui unsur drama.


Kamen Rider Ichigo Nigo (old version)


Kamen Rider The First (remake version)

Kamen Rider Nigo adalah kamen rider ke-2 dalam sejarah Kamen Rider. Kamen Rider Nigo adalah pemuda yg bernama Ichimonji Hayato, ia adalah seorang fotografer yg ditangkap oleh Shocker yg kemudian dirubah menjadi cyborg. Tujuannya adalah untuk mengalahkan Kamen Rider Ichigo, tetapi sebelum dicuci otaknya ia diselamatkan oleh Kamen Rider Ichigo. Selanjutnya ia dan Ichigo berjuang bersama menghadapi Organisasi teroris Shocker, Geldam, dan Gel-Shocker.


Kendaraan Nigo sama seperti Ichigo yaitu Cyclone. Bentuk Nigo juga sama seperti Ichigo, hanya saja yg membedakannya adalah sarung tangan & sepatunya, kalau Ichigo bewarna abu-abu sedangkan Nigo bewarna merah. Kamen Rider Nigo muncul diseri yg sama dengan Ichigo, iapun juga muncul dimovie Kamen Rider The First.

[[ --------------------- Kamen Rider V3 --------------------- ]]

Kamen Rider V3 adalah kamen rider ke-3, Ia adalah Kazami Shiro yg menjadi saksi pembunuhan yg dilakukan oleh grup teroris baru bernama Destron. Sejak saat itu ia diincar Destron untuk dibunuh karena telah menjadi saksi aktivitas jahat Destron.


Kamen Rider V3 (old version)


Kamen Rider The Next (remake version)

Suatu ketika Destron mengutus mutan untuk mencari Kazami untuk dibunuh, setibanya mutan tersebut dirumahnya ia langsung membantai habis dengan sadis Kazami & keluarganya. Beruntung Kazami masih terselamatkan berkat pertolongan Kamen Rider Ichigo & Nigo, tetapi keluarganya tidak. Sejak saat itulah Kazami memohon kepada Kamen Rider Ichigo & Nigo agar dirinya diubah menjadi Cyborg seperti mereka untuk menghancurkan Destron.


Kendaraan V3 adalah motor yg disebut Hurricane. TOEI juga me-remake Kamen Rider V3 pada tahun 2007 dalam bentuk movie yg berjudul Kamen Rider The Next, disini juga hadir Kamen Rider Ichigo & Nigo dari Kamen Rider The First.

[[ --------------------- Riderman --------------------- ]]

Riderman adalah kamen rider ke-4, ia adalah Yuki Joji yg berprofesi sebagai ilmuan yg bekerja untuk organisasi jahat Destron, tetapi ia dikhianati dan terancam dibunuh oleh Destron.


Pada saat ia akan dicelupkan diatas cairan asam panas & beracun ia diselamatkan oleh rekan-rekan sesama ilmuannya. Walau selamat, ia harus kehilangan sebelah tangannya. Lalu iapun menjalani operasi cybernetic untuk menggantikan sebelah tangannya menjadi tangan mekanik, tangan tsb dapat diubah-ubah menjadi senjata. Iapun bergabung dengan Kamen Rider V3 untuk menghadapi Destron.


Motor Riderman adalah Rider Machine. Ia muncul di seri Kamen Rider V3.

[[ --------------------- Kamen Rider X --------------------- ]]

Kamen Rider X adalah kamen rider kelima. Ia adalah Jin Keisuke, seorang ilmuan. Suatu ketika ia dan ayahnya terluka parah karena diserang oleh organisasi teroris The Government Of Darkness. Demi menyelamatkan anaknya yang sekarat, ayah Jin yang juga seorang ilmuan merubah Jin menjadi Cyborg. 


Akhirnya ayah Jin harus mati akibat luka yang dideritanya. Sejak saat itu, Kamen Rider X bertarung melawan Government Of Darkness.


Motor Kamen Rider X adalah Cruiser, motor ini memiliki kelebihan untuk menyelam di bawah air.


[[ --------------------- Kamen Rider Amazon --------------------- ]]

Kamen Rider Amazon adalah kamen rider keenam. Ia adalah Yamamoto Daisuke. Pada saat ia balita, ia adalah satu-satunya orang Jepang yang selamat dari kecelakaan pesawat yang jatuh di Amazon, dan iapun besar disana. Saat berusia remaja, ia berhasil menyelinap ke kapal laut yang sedang singgah di Amazon yang ternyata kapal tersebut yang membawanya kembali ke Jepang. Di Amazon Daisuke menemukan armband yang bernama Gigi yang kemudian ia pasangkan dilengan kirinya, armband tersebutlah yang dapat merubah dirinya menjadi Kamen Rider Amazon dengan meneriakan “Amazon”.


Ia pertama kali berubah pada saat ia hendak menyelamatkan seseorang yang diserang mutant yang ternyata mutant tersbut dikirim oleh kelompok penjahat Geddon. Sejak saat itu, ia berjuang melawan Geddon yang ternyata mengincar armbandnya Daisuke. Setelah Geddon hancur, ia berjuang kembali melawan Geranda Empire.


Motor Kamen Rider Amazon adalah Jungler. Kamen Rider Amazon adalah kamen rider pertama yang tidak menggunakan topeng & armor, ketika ia berubah, ia benar-benar menjadi sesosok makhluk baru.


[[ --------------------- Kamen Rider Stronger --------------------- ]]

Kamen Rider Stronger adalah kamen rider ke-7. Ia adalah Jou Shigeru yg hampir mengambil jalan yg salah karena ia mau bergabung dengan organisasi teroris Black Satan. Ia memutuskan menjadi sukarelawan agar dirinya dirubah menjadi cyborg oleh Black Satan demi membalaskan dendam temannya.


Setelah ia dioperasi, ia sadar bahwa tindakannya salah dan iapun malah berbalik melawan Black Satan, setelah Black Satan hancur iapun berjuang kembali melawan Delza army yg ternyata pimpinan Delza Army adalah pendiri Gel-Shocker, Destron, Government Of Darkness, Geddon, & Black Satan.


Electro Wave Human Tackle


Motor Kamen Rider Stronger adalah Kabutoroh. Pada seri ini ada Cyborg cewek bernama Electro Wave Human Tackle yg nanti nya akan bertarung bersama Kamen Rider Stronger melawan Musuhnya.


[[ --------------------- Kamen Rider Skyrider --------------------- ]]

Skyrider adalah kamen rider ke-8. Ia adalah Tsukuba Hiroshi, seorang penerbang layang yang diubah tubuhnya menjadi cyborg oleh seorang ilmuan demi menyelamatkan nyawanya dari kematian karena kecelakaan yang disebabkan oleh organisasi teroris Neo-Shocker.


Setelah ia menjadi Kamen Rider, ia berjuang melawan Neo-Shocker yang ingin menghancurkan dunia. Skyrider memiliki keahlian untuk terbang.


Motornya adalah Sky Turbo.


[[ --------------------- Kamen Rider Super 1 --------------------- ]]

Kamen Rider Super 1 adalah kamen rider ke-9. Ia adalah Oki Kazuya yang merelakan dirinya untuk dirubah menjadi cyborg demi menjadi astronot yang hebat. Karena serangan dari kelompok penjahat Dogma Kingdom, misi di luar angkasa tersebut gagal dan dia kembali ke Jepang.


Iapun berjuang melawan Dogma Kingdom yang ingin menghancurkan dunia. Kamen Rider Super 1 memiliki 5 sarung tangan super, tiap sarung tangan memiliki kemampuan khusus berbeda.




Motor Kamen Rider Super 1 ada 2 yaitu V-machine & Blue Version.


[[ --------------------- Kamen Rider ZX --------------------- ]]

Kamen Rider ZX adalah kamen rider ke-10. Ia adalah Ryo Murasama yang mengalami kecelakaan dengan UFO, kemudian ia dirubah menjadi cyborg dan dicuci otaknya oleh organisasi jahat “Badan”.


Awalnya ia bekerja untuk Badan sebagai pasukannya untuk menguasai dunia. Namun lama kelamaan ingatannya pulih, ia mengingat kembali akan peristiwa pembunuhan adiknya yang dilakukan oleh Badan sebelum ia dirubah menjadi cyborg. Setelah itu, ia pun berbalik melawan Badan.


Motornya adalah Hell Diver.


[[ --------------------- Kamen Rider Black --------------------- ]]

Kamen Rider Black awalnya adalah seorang pemuda bernama Kotaro Minami yang diculik oleh makhluk luar angkasa “Golgom” untuk diubah menjadi cyborg, di dalam dirinya ditanamkan King Stone yang dapat memberikannya kekuatan sebagai Century King yang nantinya akan digunakan Golgom untuk mengusai Bumi. 


Untungnya Kotaro berhasil melarikan diri sebelum proses penyatuan King Stone dalam tubuhnya sempurna. Setelah menyadari niat jahat golgom & sadar bahwa dirinya bukan manusia lagi, ia menggunakan kekuatannya untuk melawan Golgom. 


Motor Kamen Rider Black ada 2 yaitu Road Sector & Battle Hopper.


[[ --------------------- Kamen Rider Black RX --------------------- ]]

Kamen Rider Black RX Kamen Rider Black RX adalah versi upgrade dari Kamen Rider Black. ketika Kamen Rider Black berhasil mengalahkan Golgom, duniapun kembali damai. 5 tahun kemudian, ketika Kotaro sedang mengendarai helikopter, terjadi kecelakaan yang disebabkan makhluk luar angkasa Crisis Empire. 


Tujuan dari Crisis Empire adalah melenyapkan Kamen Rider Black yang menjadi penghalang mereka untuk menguasai Bumi. Kotaro pun terlempar keluar angkasa dan ia dihujani tembakan plasma dari pesawat luar angkasa Crisis Empire. Karena terus menerus ditembaki, Kingstone yang ada pada pinggang Kotaro pun pecah. Dan karena efek kosmik & radiasi matahari, Kingstone berevolusi & menciptakan efek supernova sekaligus menciptakan ledakan yang dahsyat yang menyebabkan Kotaro terlempar kembali ke Bumi. Kotaro pun telah berubah menjadi sosok baru yang lebih kuat lagi yaitu Kamen Rider Black RX. Sekali lagi Kotaro berjuang melawan Crisis Empire untuk melindungi Bumi. Kamen Rider Black RX memiliki senjata berupa pedang Light Saber. 



Ia memiliki 2 kendaraan yaitu motor Acrobatter yang merupakan upgrade dari Battle Hopper, dan sebuah mobil yang disebut Rideron. Di episode-episode akhir Kamen Rider Black RX, ia dibantu oleh 10 Kamen Rider sebelumnya untuk melawan Crisis Empire.

Kamen Rider Black RX juga bisa berubah menjadi 2 bentuk yaitu ketika ia terpengaruh secara emosional. Yang pertama adalah perubahan menjadi RX Robo yang merupakan luapan expresi kesedihannya, RX Robo memiliki senjata berupa pistol laser & motor yang disebut Roboizer.



Perubahannya menjadi RX Robo membuatnya lebih kuat & memiliki daya tahan yang tinggi tetapi membuatnya menjadi lamban. Perubahannya yang kedua adalah menjadi RX Bio yang merupakan luapan expresi kemarahannya, dengan perubahan ini RX Bio dapat bergerak lebih cepat & mampu merubah dirinya menjadi semacam energi sinar yang bisa membuatnya terbang dengan cepat.



Senjatanya masih menggunakan Light Saber & motornya adalah Mach Jabba.

Shadowmoon awalnya adalah Nobuhiko Akizuki saudara angkat Kotaro Minami (Kamen Rider Black), ia juga diculik makhluk luar angkasa “Golgom” untuk dirubah menjadi android & ditanamkan Kingstone. Sayangnya ia gagal melarikan diri dan Kingstone menyatu utuh pada tubuhnya. Ia pun telah berubah 100% menjadi Robot & bekerja sama dengan Golgom melawan Kamen Rider Black.


Shadow Moon termasuk salah satu Kamen Rider antagonis, ia memiliki senjata berupa 2 bilah pedang bewarna merah kristal. ia tidak memiliki kendaraan & ia juga tidak perlu Henshin karena ia android murni. Ia juga muncul di seri Kamen Rider Black RX & movie Kamen Rider World. Setelah mati di seri Kamen Rider Black, ia dihidupkan kembali oleh Crisis Empire.


[[ --------------------- Shin Kamen Rider --------------------- ]]

Shin Kamen Rider awalnya adalah seorang yang bernama Kazamatsuri Shin. Ia melakukan experien dengan mencampurkan DNA nya dengan DNA belalang. Kemudian akibat dari experimennya itu ia berubah menjadi mutant murni. 


Karena itu ia tidak melakukan Henshin, ia tidak memakai topeng & armor, dan ia juga tidak memiliki motor.


[[ --------------------- Kamen Rider ZO --------------------- ]]

Kamen Rider ZO awalnya adalah seorang asisten ilmuan bernama Asou Masaru. Tanpa keinginannya ia dirubah menjadi cyborg. Karena mengalami shock berat & trauma akibat perubahan dirinya, ia melarikan diri ke hutan dan menon-aktifkan dirinya disana. Suatu saat kode telepati membangunkan dirinya, ada seseorang yang meminta bantuannya untuk melindungi bumi dari serangan monster bernama Doras yang diciptakan oleh oraganisasi jahat Neo Organism.


Desain Kamen Rider ZO mirip dengan Kamen Rider J, hanya saja yang membedakannya adalah garis ditubuhnya. Kamen Rider ZO hanya muncul dalam versi movie saja. Ia juga muncul di movie Kamen Rider World bersama Kamen Rider J.


 ZO memiliki motor yang disebut Z-Bringer.


[[ --------------------- Kamen Rider J --------------------- ]]

Kamen Rider J adalah Segawa Kouji, ia berprofesi sebagai wartawan. Ia memperoleh kekuatan untuk merubah dirinya menjadi Kamen Rider dari alien yang peduli dengan bumi untuk melindungi bumi ketika kelompok alien jahat bernama Fog Master hendak menghancurkan bumi.


Ia adalah satu-satunya Kamen Rider yang bisa merubah ukurannya menjadi raksasa. Kamen Rider J hanya hadir dalam movie saja. Ia juga hadir di movie Kamen Rider World bersama Kamen Rider ZO, mereka bertarung bersama melawan Shadowmoon & pasukannya.


Motornya adalah J-Crosser.


Yoshh, itu dia seluruh Kamen Rider dari era Showa yang dimulai dari Kamen Rider Ichigo & Nigo sampai ke Kamen Rider J. Semoga artikelnya bermanfaat n nambah pengetahuan sobat. Tapi tunggu, jangan dulu puas. Kan masih ada Kamen Rider dari era Heisei yang bakal ikkok posting di postingan berikutnya. See ya!



Sumber : Kaskus

4 comments:

Anonymous said...

super-1(one) keren bisa ganti 5 kekuatan tangan mirip kayak fourze ganti switch apalagi yang black/RX bisa ganti wujud

Ikkok Dcock said...

@anonymous
bener sob, Super 1 ini agak mirip sama Fourze.. yang pertama Oki kazuya jadi cyborg coz demi jadi astronout, fourze kan temanya luar angkasa. Super 1 punya sarung tangan dengan kekuatan berbeda, Fourze punya switch. Dan keduanya sama2 warna putih :D

Anonymous said...

hampir kebanyakan berasal dari perubahan robot tapi ada juga yang organik

Anonymous said...

saya suka KR Ichigo Nigo dan V-3 tapi di versi remakenya kostumnya sudah bagus dan keren tapi warnanya saja yang kurang pas terlalu gelap kebanyakan hitam kayak Black

Post a Comment

"..Jangan lupa kasih komentar artikelnya ya. Sobat juga bisa menggunakan pilihan 'anonymous' kalau tidak memiliki account google.."