Blogger Widgets

Pendakian perdana ke Gunung Cikuray, Garut.

Photobucket

Ketemu lagi sobat blogger semua. Semoga kabarnya sehat selalu. :) Setelah beberapa hari berbingung-bingung ria mikirin bahan postingan akhirnya gw dapet ide juga. Kali ini gw bawa cerita dari pendakian perdana gw ke Gunung Cikuray, Garut pada 17 Oktober 2010 lalu. Emang sih tu cerita satu bulan yang lalu (kalo dihitung dari sekarang gw nulis ne posting) tapi gw kira gak ada salahnya kalo gw berbagi cerita ke sobat blogger semua. :)
Sebelumnya gw pengen berbagi dulu sedikit profil Gunung Cikuray ma sobat blogger sebagai pengetahuan.




Profil Gunung Cikuray :


Gunung Cikuray adalah sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Gunung Cikuray mempunyai ketinggian 2.818 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi di Kabupaten Garut dan tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Gede. Gunung ini berada di perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuh Manggung.

Untuk mencapai Cikuray dapat ditempuh dengan naik kendaraan umum dari Bandung atau dari Tasikmalaya menuju terminal Guntur. Dari sana diteruskan dengan angkutan kota menuju jalur pendakian, (Cikajang, Bayongbong atau Dayeuh Manggung). Ketiga jalur tersebut menawarkan medan yang sangat menarik dengan karakteristik masing-masing. Jalur bayongbong adalah jalur yang paling terjal, tetapi dapat cepat sampai di puncak. Jika anda bukan warga Jabar, mendaki Cikuray mesti satu paket dengan Gunung Guntur dan Gunung Papandayan. Keduanya menawarkan medan pendakian yang menarik.

Karena letaknya paling tinggi di kabupaten Garut, kaki gunung Cikuray dipakai untuk stasiun pemancar TV swasta dan TVRI. Gunung Cikurai mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane dan Hutan Ericaceous.
(from : Wikipedia.org)

Itu dia sedikit profil tentang Gunung Cikuray selebihnya bisa sobat blogger tanyakan terhadap sesepuh saya, mbah gugel. :)
Cerita berawal dari obrolan iseng temen2 net gw pada sabtu malam (16/10) soal naik (baca : mendaki) ke Gunung Cikuray yang akhirnya berbuntut jadi rencana beneran. Dengan bermodal nekat n keinginan yg besar gw, djo, ibil, yas, badrun, igit, akhirnya memutuskan berangkat pada keesokan harinya. Setelah menyiapkan alat2 seperti tenda dan juga pakaian, membeli beberapa makanan dan minuman terutama air mineral yg amat sangat penting coz kata temen gw di sepanjang trek cuma ada satu tempat untuk mengisi air yaitu di daerah Pamancar, di kaki gunung, udah itu air sulit ditemukan apalagi di daerah puncak gunung boleh dikatakan gak ada sumber air. Kami start dari Garut kurang lebih jam 9 pagi memilih jalur Dayeuh Manggung dengan naik angkutan kota jurusan Cilawu-Garut. Udah itu kami pun memulai pendakian dengan mengikuti jalan besar melewati kampung-kampung kemudian belok ke daerah perkebunan warga setelah itu kebun teh.

Photobucket

Bener aja kata c djo, baru masuk daerah kebun teh aja udah sibuk ma air minum padahal belum nyampe Pamancar alias kaki gunungnya. Dengan paru-paru yang mulai nyusut n baut-baut lutut yg mulai copot akhirnya kami nyampe juga di Pamancar.

Photobucket

Disana pemandangan udah indah coz udah bisa liat hamparan kota Garut tercinta. Heu dipikir-pikir ternyata jauh juga padahal belum ke gunungnya. Di Pamancar kami bertemu tiga orang pendaki asal Tasikmalaya (sorry bro2 lupa namanya hehe). Setelah beristirahat, me-recharge perut dan mengisi botol2 minuman ma air keran bocoran (baca : air mentah) kami pun duluan meneruskan pendakian (walau akhirnya tetep aja kesusul ma orang Tasik tu..hikz). Di jalan kami sempat bertemu dengan beberapa pendaki yang lain baik yang turun gunung ataupun yang sama-sama naik. Bagi kami (kecuali djo n yas) yang emang baru pertama kali melakukan pendakian, hal ini merupakan hal yang bener-bener menguras tenaga sampe kami berkali-kali berenti buat istirahat. Belum lagi cuaca yang kurang mendukung coz baru aja kami masuk daerah pegunungan hujan turun cukup deras dan hampir sepanjang perjalanan tersebut hujan terus menerus yang membuat barang bawaan makin berat dan kaki yang keram karena sepatu yg basah (coz gara-gara ujan juga so selama pendakian jadi gak bisa ber-narsis2 ria menjadi model dadakan..hikz). Bahkan saking hampir nyerahnya kami sempat berunding menghentikan perjalanan dan berniat mendirikan tenda di sebuah tempat yang bernama Puncak Bohong/Puncak Bayangan tapi coz temen gw alias djo (dia yg punya vokal) bilang nanggung coz puncak tu cuma kurang lebih 50 meteran lagi ke atas akhirnya dengan semangat menggebu-gebu n tenaga yg melesu-lesu kami pun sedikit demi sedikit meneruskan perjalanan hingga akhirnya........................... HUAAAAAA...!! gw teriak waktu udah gak ada lagi jalan untuk mendaki alias gw udah nyampe PUNCAAAKKK...!! Wuihh... pokoknya gak bisa di ungkapkan dengan kata-kata atau tulisan gimana tuh senengnya walaupuuuuuuuuuuuuunn dalam hati gw gondok setengah mati coz TERTIPUXX ma c djo yg bilang cm skitar 50 meteran lagi tapi kenyataannya makan waktu kurang lebih 2 jam. But, its ok. Gak apa-apa djo gw maafin toh sensasinya bener-bener ngilangin semua rasa capek.. :D

Note : Kenapa disebut Puncak Bohong? Coz kalo di liat dari salah satu sisi dari kejauhan tempat tersebut seperti puncak gunung padahal bukan puncaknya tu dibelakangnya.

Gw baru nyadar kalo waktu nyampe puncak tu hari udah mulai gelap. Gila, ternyata hampir seharian gw jalan kaki pantesan aja tadi di jalan hampir nyerah coz lutut udah gemetar n kaki udah sakit banget. Coz cuaca yang buruk akhirnya setelah bikin tenda n isi perut kita semua istirahat dengan pakaian basah di dalem tenda yang basah pula... ckckck (tapi gw heran koq bisa-bisanya gw tidur pulas sampe bangun aja jadi yang paling terakhir..hha)

Minggu pagi (17/10), sekitar jam 5 c djo ribut bangunin gw katanya kudu cepet-cepet kalo pengen liat sunrise. Weleh, pada kemana anak2...?? tanya gw. Gak taunya mereka udah pada mejeng di atas malah udah pada berfoto-foto ria segala. Dan ternyata........ SUBHANALLAH.... hanya kata tu yang bisa menggambarkan semua keindahan ciptaan-Nya yang saat itu diperlihatkan ma gw.

Jeprat jepret jeprut :


Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket
Photobucket


Photobucket

Full crew : ibil, djo, ikkok, badrun, yas, igit (gw koq paling kecil yak.. hikz)

Sebenernya masih banyak yang pengen gw tulis disini. Tapi ne jari udah cape ngetik n mata gw udah sepet melototin kompi terus. Ntar deh gw update lagi lanjutannya (kalo inget n mao.. hha) sekarang gw kasih label ini aja..... TO BE CONTINUE....................... ok?? hahahaha

18 comments:

Urang Lembur said...

Hai Sob, kenapa ga ajak gw kalo mo ke gunung.? Kali aja gw ga mau ikut ama lo2 pade, kan kita jauh....

Lieurnya kang..?? biasa, hayang gaul tapi cicing di kampung ^_^

lina@happy family said...

Indah sekali Gunung Cikuray :)
Pasti pengalaman yang tak terlupakan tuh...

ikkok dcock said...

@ urang lembur
hha tapi walau urg kampung asal ulah kampungan we.. cirina ieu gaduh blog sagala geuning.. hehe

hayu atuh k Bromo.. :D

ikkok dcock said...

@mbak lina
sekali2 mbak juga coba tinggalkan hiruk pikuk kota n nyari sensasi baru dgn mlakukan pendakian n berkemah d gunung.. mantebb, mbak.. :)

Bejo said...

Foto fotona keren juga, jadi iri

salam human, hahaha

Bejo said...

eh, follow human ya? ok?

salam humna. hahaha

Anak Singkong said...

wah pasti seru tuh bro ,,, BTW salam kenal blogwalking nih

ikkok dcock said...

@bejo
wahh.. baru dnger sob "salam human" paa tuh?? :D but, it's ok lah.. salam human jg dehh.. hehe

ikkok dcock said...

@anak singkong
bukan seru lagi sob.. gempor'y aja sampe 4 hari.. hha
salam kenal juga sob.. maksih udah berkunjung n segera gw kunjungi balik dech..

Anak Singkong said...

gw add lo juga yah, add balik, senang bisa berkenalan, keep posting bro

fajar said...

blogwalking..

*kebetulan gw mau ke cikuray tanggal 11-12 desember ini..

mau nanya: dari pemancar sampe puncak berapa jam ya.?

ikkok dcock said...

@anak singkong
sipp, thx sob..

ikkok dcock said...

@fajar
yg bener mas?? start'y dari mana??

kalo secara tepatnya sih sulit coz tergantung cepat/lambat pendakian.. tapi kalo gw sih waktu tu coz ujan di tambah personil'y amatir semua (hha) jadi banyak berenti d jalan.. berangkat dari pamancar jam 11 siang tu nyampe di puncak kurang lebih jam 5 sore..

RAHMANDZ said...

widiiw.. mantap suka dakigunung ya
salut deewh

saya folow kamu
folow blog saya jg y di http://berbagiilmunyok.blogspot.com
di tunggu

ikkok dcock said...

@rahmandz
haha.. gg jg sob ini pengalaman pertama daki gunung.. tapi mnx ketagihan sih pngen lagi.. :D

ok.. ntar skalian blogwalking..

Caang said...

kalo bicara naek gunung dan garut, ane inget waktu masih jadi PA (pencinta alam) di sekolah dulu. Waktu itu naek gunung kramat, cape, ripuh, tapi, asyik...
Aya keneh teu gunung kramatna?

Anonymous said...

bray, lama perjalanan ke puncak berapa jam?

ikkok dcock said...

@anonymous
dari garut kita start jam 9 pagi, lupa nympe pamancar jm berapa cuma disana kita berenti krng lebih 1 jam trus lanjut lagi naik.. nyampe puncak maghrib...

Post a Comment

"..Jangan lupa kasih komentar artikelnya ya. Sobat juga bisa menggunakan pilihan 'anonymous' kalau tidak memiliki account google.."